Sekilas Tentang Perpustakaan Widya Mandala
PROFIL PERPUSTAKAAN WIDYA MANDALA
Sekolah ini memiliki perpustakaan bernama “Perpustakaan Widya Mandala SMK Negeri 2 Seririt” yang berdiri sejak tahun 2010 dan beralamat di Jalan Yudistira Desa Banjarasem, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng.
Sebenarnya perpustakaan ini sudah dirintis sejak awal berdirinya sekolah yaitu pada tahun ajaran 2007/2008. Hanya saja, kondisinya belum memenuhi standar layanan minimal sebuah perpustakaan sekolah. Jumlah buku yang tersedia saat itu sangat sedikit, dikelola dengan cara yang sederhana tanpa mengikuti aturan pengelolaan perpustakaan, tidak ada struktur organisasi, dan tidak memberikan layanan peminjaman koleksi. Perpustakaan tidak memiliki ruang tersendiri, masih menggunakan ruang kelas.
Sejak pertengahan tahun 2010, perpustakaan ini menempati ruang tersendiri dan dikelola sesuai dengan standar minimal pengelolaan dan layanan perpustakaan sekolah. Pengembangan perpustakaan pun diupayakan keras baik bidang pengembangan koleksi maupun peningkatan kualitas layanan.
Saat itu, perpustakaan dipimpin oleh I Ketut Sudiarta, S.Pd. sekaligus merangkap sebagai tenaga teknis perpustakaan yang dibantu oleh satu tenaga administrasi yaitu Gede Mas Jayendra merangkap sebagai tenaga di bidang pelayanan perpustakaan.
Pada tahun pelajaran 2021/2022 terjadi pergantian kepala perpustakaan karena pada bulan Mei 2021, I Ketut Sudiarta, S.Pd memasuki masa pensiun. Oleh karena itu, sejak bulan Juli 2021 sampai saat ini, kepala perpustakaan ditugaskan kepada seorang guru bahasa Indonesia yang bernama Made Manon Sutamara, S.Pd., M.Pd. dibantu oleh tiga orang pegawai, yaitu Made Ardi Delvawan, A.Md.Pus. sebagai layanan Teknis, Gede mas Jayendra, sebagai layanan pemustaka, dan Komang Doni sebagai layanan TIK.
Pendayagunaan Perpustakaan :
a. Jumlah anggota Perpustakaan : 775 Orang
b. Jumlah rata-rata pengunjung tiap bulan : 250 Orang
c. Jumlah rata-rata peminjam tiap bulan : 175 Orang
d. Jumlah rata-rata buku yang dipinjam perbulan 50 judul 40 eks.
Perlengkapan/ Meubiler yang ada:
1. Meja Baca : 20 buah
2. Kursi Baca : 20 buah
3. Rak Buku : 18 buah
4. Rak Majalah : 4 buah
5. Tempat Surat Kabar : 4 buah
6. Lemari Katalog : 1 buah
7. Meja/Kursi Petugas : 4 set
8. Meja Sirkulasi : 1 buah
9. AC : 1 unit
10. Rak Penitipan Pengunjung : 1 buah
Koleksi bahan Pustaka
1. Buku : 940 Judul 22.791 eks.
2. Majalah/Buletin : 32 Judul 188 eks.
3. Surat Kabar/Tabloid : 4 Judul 1.560 eks.
4. Kliping : 3 Judul 37 eks.
5. Buku Teks Pelajaran : 52 Judul 5208 eks.
6. Buku Panduan Pendidik : 52 Judul 140 eks.
7. Buku Pengayaan : 125 Judul 140 eks.
Perpustakaan dikelola dengan menggunakan:
1. Buku Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah
2. Buku Pedoman Tajuk Subjek
3. Buku Pedoman Klasifikasi
4. Buku Pedoman Katalogisasi
Sistem Klasifikasi yang Dipakai: Dewey Decimal Classification (DDC). Perpustakaan telah membuat/memiliki Buku Induk(inventaris), 4 jenis Kartu Katalog, Buku Klasifikasi, Catatan Inventaris Majalah dan Surat Kabar, buku catatan pengunjung Siswa dan Guru, buku catatan Peminjam Guru dan Siswa, buku tamu, buku mutasi barang, catatan buku paket, catatan buku penunjang, serta buku kunjungan dan penggunaan internet di perpustakaan.
Layanan Perpustakaan
1. Sistem Layanan Perpustakaan : Terbuka
2. Waktu Layanan Perpustakaan : Hari efektif sekolah
3. Jenis Layanan : Baca di Ruangan, Peminjaman Buku Perkelas, Informasi Literatur, dan Peminjaman Buku Perorangan.
Pengembangan Perpustakaan
Dalam rangka mengembangkan perpustakaan baik dari segi jumlah koleksi maupun layanan, perpustakaan mewajibkan seluruh siswa menjadi anggota perpustakaan. Perpustakaan juga menyelenggarakan program minat baca seperti; lomba pidato, lomba menulis resensi, lomba membaca buku, lomba majalah dinding, dan wajib kunjung perpustakaan. Dalam rangka penambahan koleksi, ada kewajiban siswa untuk menyumbang pada saat tamat sekolah.
Kepala Perpustakaan,
ttd
Made Manon Sutamara, S.Pd.,M.Pd
NIP. 196805221994031010
VISI, MISI, TUJUAN PERPUSTAKAAN WIDYA MANDALA
SMK NEGERI 2 SERIRIT
Visi:
"Menjadi pusat pembelajaran yang inspiratif dan inovatif, menyediakan sumber daya yang berkualitas dan mendukung pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian siswa."
Misi:
- Menyediakan akses ke berbagai sumber daya informasi:
- Perpustakaan sekolah bertujuan untuk menyediakan koleksi bahan pustaka yang beragam dan terkini, termasuk buku, majalah, jurnal, dan sumber daya digital. Dengan demikian, perpustakaan dapat membantu siswa dan staf pengajar dalam memperoleh informasi yang relevan dan mendukung kegiatan pembelajaran.
- Mendorong minat baca dan literasi:
- Perpustakaan sekolah bertujuan untuk membangun minat baca yang kuat di kalangan siswa. Ini dapat dicapai dengan mengadakan program-program yang menarik, seperti klub buku, diskusi, dan kegiatan promosi literasi. Dengan meningkatkan kemampuan literasi siswa, perpustakaan membantu meningkatkan keterampilan komunikasi dan pemahaman mereka.
- Mendukung pembelajaran dan pengajaran:
- Perpustakaan sekolah berperan sebagai mitra pendidikan yang penting bagi siswa dan guru. Perpustakaan menyediakan sumber daya yang relevan dengan kurikulum dan membantu dalam penyusunan materi pelajaran yang berkualitas. Dalam hal ini, perpustakaan juga bekerja sama dengan guru dalam merancang dan melaksanakan program pembelajaran yang bervariasi.
- Memfasilitasi pengembangan kepribadian:
- Perpustakaan sekolah berfungsi sebagai ruang yang mendukung pengembangan kepribadian siswa. Selain menyediakan buku dan sumber daya, perpustakaan juga dapat menjadi tempat bagi siswa untuk bersantai, mengeksplorasi minat mereka, dan mengembangkan kreativitas melalui kegiatan seperti seni, penulisan, atau pementasan.
Tujuan:
- Meningkatkan minat baca dan literasi di kalangan siswa.
- Menyediakan akses mudah dan nyaman ke sumber daya informasi yang berkualitas.
- Mendukung pembelajaran dan pengajaran dengan menyediakan materi pelajaran yang relevan dan mendukung.
- Meningkatkan kemampuan siswa dalam mencari, memilih, dan mengevaluasi informasi.
- Mendorong kegiatan pengembangan diri dan ekstrakurikuler yang berhubungan dengan perpustakaan.
- Membangun budaya membaca dan penghargaan terhadap nilai-nilai literasi.
- Mengembangkan hubungan kerjasama dengan komunitas sekolah dan pihak luar lainnya untuk memperluas sumber daya perpustakaan.
Dengan visi, misi, dan tujuan tersebut, perpustakaan sekolah diharapkan dapat berperan sebagai pusat pembelajaran yang bermanfaat bagi siswa dan memberikan kontribusi positif terhadap pendidikan di sekolah.
Struktur Organisasi Perpustakaan
Penanggung jawab : I Putu Suarbawa, S.Pd.
Kepala Perpustakaan : Made Manon Sutamara, S.Pd., M.Pd.
Layanan Teknis : I Made Ardi Delvawan
Layanan Pemustaka : Gede Mas Jayendra
Layanan TIK : Ketut Doni
Atas dasar struktur organisasi di ataas, tugas, wewenang dan tanggung jawab masing-masing personil diuraikan dalam job discription berikut ini.
- Penanggung Jawab
Bertugas bertanggung jawab utama atas segala penyelenggaraan kegiatan dibindang perpustakaan sekolah Membina dan Membimbing pengembangan organisasi perpustakaan sekolah
- Kepala Perpustakaan
Bertugas dan bertanggung jawab tentang penyelenggaraan dan pengelolaan seluruh unit perpustakaan sekolah
Mengorganisir dan mengkoordinir tata kerja dan tata hubungan seluruh staf perpustakaan sekolah
Menetapkan kebijakan intern yang khusus dalam bidangnya
Merancang dan membuat program kerja dan rencana pengembangan perpustakaan setahun kedepan
Menginput data ke dalam data base
Membuat SOP terkait perpustakaan
Mengevaluasi program kerja perpustakaan
Membuat laporan
- Bagian Layanan Teknis
Melakukan pengecekan buku-buku baru
Memberi nomor induk setiap penerimaan buku baru
Melakukan klasifikasi terhadap buku-buku baru
Mencatat buku baru ke dalam buku inventaris perpustakaan
Meng-input data buku dalam data base
Menempel label pada punggung buku
Melakukan penyusunan buku di rak
Melakukan kegiatan pelestarian perpustakaan
Melakukan pencegahan kerusakan buku dengan cara membersihkan rak secara berkala, memelihara kebersihan ruangan
Melakukan perbaikan buku pada halaman yang robek, memperbaiki punggung buku atau sampul yang rusak
Melakukan penjilidan pada buku yang sudah terlepas halamannya
Melakukan penyiangan koleksi perpustakaan
- Bagian Layanan Pemustaka
Menginput data anggota perpustakaan pada aplikasi inlislite dan membuat kartu anggota perpustakaan baik siswa / guru / pegawai sesuai tata tertib perpustakaan.
Melaksanakan layanan perpustakaan :
Melakukan layanan sirkulasi: buku yang dipinjamkan atau dikembalikan maupun perpanjangan buku
Melakukan layanan referensi (layanan bersifat tertutup) pustakawan membantu pemustaka menemukan dan mengambil buku yang ingin dicari/dibaca
Membuat data (grafik) jumlah peminjaman buku perpustakaan perbulan
Membuat data (grafik) jumlah kunjungan perpustakaan perbulan
Mencatat jumlah peminjam, kelas dan buku (jenisnya) yang dipinjam di Buku Laporan Bulanan
Membuat data jumlah kunjungan perpustakaan perbulan
Memperingatkan pemustaka yang sudah habis tempo waktu peminjamannya. Apabila melewati batas waktu peminjaman akan dikenakan denda
Melayani siswa kelas XII yang akan lulus dengan memberikan surat tanda lulus perpustakaan sebagai syarat pengambilan ijazah
- Bagian Layanan TIK
Memelihara keawetan server perpustakaan
Mengentry data inlislite perpustakaan
Memback up data perpustakaan
Koleksi bacaan